Kehabisan Tiket

Jumat lalu saya merencanakan kepulangan saya dari jakarta menuju madiun menggunakan kereta malam via jalur selatan. Alternatif kereta yang ada adalah : Bangunkarta (GBR-JBG), Gajayana(GBR-MLG), Bima(GBR-SGU).

Namun apadaya saat saya sampai di Gambir, semua tiket tersebut HABISS BISS BIIIIS :(. Saya cek tiket pesawat juga habiss. Lagipula, kalaupun ada tiket pesawat, gak akan ngejar penerbangan karena kondisi lalu lintas dari Gambir ke Soetta (Macet, Hujan, Wiken, Komplit estimasi 2-3 jam sampe soetta).

Jadilah saya menunggu detik-detik terakhir keberangkatan kereta. Berharap ada yang membatalkan tiket yang akhirnya bisa saya beli lagi. TERNYATA harapan tersebut sirna. Bima sdh berangkat, Bangunkarta sdh berangkat, Gajayana juga sudah berangkat. Tapi saya belum dpt tiket :D.

Menggunakan metode TSP akhirnya saya putuskan estafet kereta dan bis. Kebetulan ada kereta yang telat berangkat Argo Sindoro (GBR-SMT) jurusan Gambir-Semarang Tawang. Rencana saya, turun Semarang Tawang, lalu naik bis ke Solo, lalu naik kereta ke Madiun. Semoga lancar.

Saya dapat 3 rekan senasib seperjuangan yang tidak dapat tiket tapi memutuskan naik Argo Sindoro.

  1. Haryono, Orang Pensiunan Pertamina yang akan ke Solo
  2. Dirman, Orang Depok yang punya pondok di Tawangmangu tujuan akhir Solo
  3. Sugeng, Orang kapal yang akan ke BLITAR (tujuan paling jauh)

Saya yang paling muda dan dikira masih kuliah, hahaha. Jiwa muda dan Wajah awet muda. Siip

Perjalanan Gambir – Semarang Tawang

Berangkat jam 19:00. Estimasi tiba di semarang tawang pukul 00:00. TERNYATA, kereta ini molor, telat dan lambat dan akhirnya sampai di semarang tawang pukul 04:00 (telat 4 jam cuy).

argo sindoro telat lambat diganjar mi instan

 

 

 

 

 

 

 

Atas keterlambatan ini, saya dan seluruh penumpang Argo Sindoro diganjar dengan Air Mineral dan Mi Instan – WTF. Bayangkan gimana cara saya makan mi macam gini? harus cari air panas di perjalanan, HARUSNYA tidak terlambat, dan kalaupun terlambat, HARUSNYA diganjar ROTI, jangan mie instan. Menurut keterangan, keterlambatan ini terjadi karena proses pengerjaan double track sehingga harus gantian melintas. Saya sih oke2 aja. Tapi banyak penumpang lain yang kecewa.

Perjalanan Semarang Tawang – Solo Jilid 1

Setelah sampai di stasiun SMT akhirnya saya lanjutkan naik taksi dari stasiun ke banyumanik untuk menghadang bis (nyari bis untuk dinaiki :D). Namun diatas taksi, sopir taksi menawarkan dianter langsung ke Solo, kami setuju.

Perjalanan naik taksi lancar jaya, hingga sampai di boyolali, sebuah musibah terjadi. Apa yang terjadi saudara ?? Ban taksi meletus

ganti ban taksi meletus

Ban sebelah kiri depan robek karena si sopir agak ngawur. Si Sopir mencoba mendahului truk yang berjalan lambat melalui jalan sebelah kiri yang sempit. Taksi turun ke tanah, sedangkan ketinggian antara tanah dengan aspal kira2 10cm dalam kecepatan yang agak lumayan cukup tinggi 😀 alias kecepatan sedang secara TIBA-TIBA.

Hasil akhirnya ya ban robek sempurna dengan lancar. BAN harus diganti, namun karena berada di tanah yang agak gembur, posisi mobil agak pendek, dan dongkrak yang standar akhirnya si sopir menyerah dan menyarankan ganti tumpangan. Aaaaa apes.

Perjalanan Semarang Tawang – Solo Jilid 2

Perjalanan kami lanjutkan naik BIS

naik bis semarang solo

 

Endingnya saya naik bis juga. :)) Sampailah kami di Terminal Solo Tirtonadi

Perjalanan Solo – Madiun 

Okelah saya mual naik bis, saya memutuskan baik kereta. Pilihan kereta Solo-Madiun yaitu : Madiun Jaya,  Sancaka, SriTanjung, Logawa. Saya pilih naik SriTanjung. Saat ini kereta ekonomi SriTanjung sudah ber-AC, yaitu AC ruangan yang dipaksa dipasang di gerbong kereta. Maksa maksa maksa.

Jadi daripada saya naik sancaka bisnis yang NO AC. Mending saya naik SriTanjung ekonomi yang ber AC. Harganya pun masih lebih murah Sritanjung Ekonomi AC. Saya pesan tiket jurusan Surabaya (walaupun saya turun madiun), karena harga tiket ke surabaya sama dengan ke madiun. Saya rugi kalo saya turun madiun dengan tiket madiun, mending saya beli tiket ke surabaya tapi turun madiun dan meninggalkan kursi kosong hingga surabaya.

Madiun

saya sampai dirumah, dan tergeletak tidur. Haha Hari yang apes.

Pelajaran yang bisa diambil adalah “Tinggalkanlah Keraguan” memang saya sempat ragu naik Argo Sindoro. Kalo ada seperti ini lagi, saya akan beli tiket untuk pulang esok hari lalu balik ke hotel untuk istirahat menunggu esok yang lebih gembira :D.

NB : Perjalanan pak sugeng ke blitar masih panjang, saya sudah dirumah istirahat.

 

Tinggalkanlah hal yang meragukan

(muhammad SAW)

 

 

 

Iklan

Pembajakan Software

Masih banyak yang berpersepsi individual mengenai arti pembajakan software. Inilah persepsi umum mengenai arti “Pembajakan Software“. Persepsi umum ini saya kutip dari BSA (Business Software Alliance)?

Software piracy is the unauthorized copying or distribution of copyrighted software. This can be done by copying, downloading, sharing, selling, or installing multiple copies onto personal or work computers. When you purchase software, you are actually purchasing a license to use it, not the actual software. The license is what tells you how many times you can install the software, therefore it’s important to read and understand it. If you make more copies of the software than the license permits, you are pirating and thus breaking the law. Whether you are casually making a few copies for friends, loaning CDs, downloading or distributing pirated software from the Internet, or buying a single software program and then installing it on multiple computers, you are committing copyright infringement—this is software piracy.

mau terjemahan bahasa Indonesianya ?? Silakan KLIK LINK INI

Jadi yang dinamakan pembajakan adalah jika ada satu software yang kemudian dicrack lalu diperbanyak tanpa ijin dari penciptanya. Cara memperbanyak bisa melalui download, sharing, atau menginstall di banyak komputer.

Kalau IDE yang dibajak bagaimana ??

Semua orang bisa memiliki IDE, bahkan mungkin IDE anda jadi INSPIRASI orang lain untuk membuat karya yang seperti anda atau bahkan lebih baik daripada anda. Jadi bersyukurlah karena IDE anda menjadi INSPIRASI orang lain.

Apa “PEMBAJAKAN IDE” itu termasuk melanggar hukum ??

IDE anda jadi INSPIRASI orang lain tentu bukan pelanggaran hukum. Sama seperti FACEBOOK yang dibuat karena terinspirasi dari FRIENDSTER.

Era Informasi 2

Saya masih belum percaya 100% dengan istilah “paperless”. Karena data dan informasi tanpa kertas akan kurang valid nilainya. Walaupun sudah ada digital signature, toh masih tetap ada yang mengharuskan dengan tanda-tangan aslinya. Jadi, teknologi informasi sampai saat ini masih belum bisa menggantikan pekerjaan manusia. Teknologi informasi hanya sebagai support system saja.

Semua teknologi yang ada di dunia ini pun sebenarnya masih banyak mempunyai kesalahan (error). Saya tidak percaya kalau ada sebuah teknologi yang dapat membantu manusia hingga 100%, karena jika sudah 100% maka teknologi tersebut dapat menggantikan manusia. Padahal manusia saja masih banyak punya kesalahan, termasuk saya.

Tidak mungkin ada teknologi yang melakukan satu hal, berkonsentrasi pada satu hal dan melakukan hal tersebut dengan benar 100%, keadaan tersebut sangat normal dan wajar.

Semua bidang pekerjaan membutuhkan kesejatian, yaitu adanya campur tangan manusia (manual). Katakan ada sebuah mesin yang mampu beroperasi siang malam tanpa henti secara otomatis, tapi tetap saja ada manusia yang menyalakan mesinnya, mengawasinya, kemudian merawatnya.

Manusia juga pasti akan kembali ke sebuah kesejatian. Manusia beraktifitas tidak seperti mesin ataupun software yang siang malam tanpa henti. Manusia butuh makan untuk tenaga sama seperti mesin yang butuh tenaga untuk beroperasi. Dan satu hal lagi yang pasti sama untuk semua hal di dunia ini kecuali Dia, yaitu kematian.

Tikus

Ada banyak spesies tikus di dunia ini. Beberapa dibawah ini mungkin adalah beberapa spesies tikus yang sering kita temui, namun kita tidak tahu apa nama latinnya.

Ketika kita sedang jalan-jalan di sawah atau ladang, kita sering temui Tikus Sawah (Tany Rattus Sp). Tikus ini sering membikin susah para petani kita karena kadang-kadang merusak dan memakan padi yang mulai menguning. Cara pembasmiannya dengan menggunakan pestisida atau biasanya diburu oleh petani ke sarangnya.

Ada juga Tikus Rumah (Jerry Curuteless Sp) yang sering mengerat peralatan rumah tangga, atau bahkan mencuri makan malam kita. Biasa dibasmi dengan memasang umpan yang telah diberi racun atau menggunakan perangkap, umpan yang biasa dipakai adalah nasi, pindang, dan lain lain lain lainnya.

Tikus Pasar (Trevor Paritus Sp) merupakan tikus yang besar. Besarnya dapat menyamai seekor kucing, sehingga kucingpun takut pada tikus jenis ini. Cara pembasmiannya hampir sama dengan tikus rumah.

Yang paling membahayakan adalah tikus kantor / tikus politik / tikus negara (Poly Tikus Sp) yang sering mengerat harta rakyat. Hidup makmur diantara kesengsaraan rakyat. Pekerja keras dan pandai dalam hal mengelabui rakyat. Mudah dibasmi dengan umpan uang, yang terkadang juga jarang berhasil karena tikus jenis ini juga dapat bertransformasi menjadi belut(licin), cicak(pura2 berkorban), musang(pura2 mati), bunglon(terlihat baik), kodok(penjilat).

Blogger-blogger yang beredar

Beberapa komentar para Blogger yang lumayan sering kita baca di dunia Blognesia. Beberapa adalah karangan saya sendiri .

1. Blogger Sok Kenal Sok Dekat
” Hai, gimana kabarnya? kabar adik dan kakak baik baik saja? Orangtua sehat? ”

2. Blogger Nylekit
” Theme blog kamu koq jelek sekali? diganti ya ! ”
” Foto kamu kok jelek sekali? Diganti fotoku aja ! Pasti lebih keren ”

4. Blogger kurang kerjaan
” Hai, numpang lewat ”
” hohoho … sekarang jam brapa? Soalnya jam saya mati ”
” hohoho … pertamax ”

5. Blogger standard
” Hai, salam kenal ”

6. Blogger kurang ajar
” Saya lupa password saya. Password kamu apa ? kasih tau ya ! barangkali password kita sama. ”

7. Blogger bodoh
” Hai, mau nanya nih. Gimana caranya ngasih komen di blog kamu ? “

Internet Gratis? Murah?

Kemaren dulu waktu saya dan temen2 seangkatan SE ke Telkom, saya pernah nanya ke pejabatnya:
“Kenapa internet kok bisa sangat mahal sekali di Indonesia?”.
“Di dunia ini ga ada yang gratis,……[bla][bla][bla]”. katanya pak pejabat itu (Dirubah sedikit tanpa mengubah maksud).
Kata saya dalam hati, “Iyo pak, ngerti kalo di dunia ini ga ada yang gratis. Wong kencing aja bayar..”. Tapi pertanyaan saya kan kenapa bisa semahal sekarang?

Selama ini sih saya kalo mau browsing ya di kampus aja (gratisan). Tapi saya sempat mikir, gimana masa depan saya tanpa internet? (terlalu hiperbol). SMSan lewat internet, cari makalah lewat internet, surat2an lewat internet, cari ide lewat internet, cari istri kan juga bisa lewat internet(hehehehe), …….dst.

Dalam internet, lebih singkatnya, para pemainnya menjual bandwith ke orang lain. Semakin besar bandwith yang kita beli, maka harganya semakin mahal. Semakin besar bandwidth yang kita beli, semakin cepat pula akses kita di internet.

Jadi inget cerita temen saya waktu kerja praktek di Probolinggo. Waktu itu da pertukaran pelajar dari Jerman yang berkunjung ke kantornya. Katanya orang Jerman itu waktu nyoba internet di kantor, udah diterjemahkan di Indonesia,
“Aksesnya lama ya, beda sekali sama di negara saya” kata orang Jerman itu (Dirubah sedikit tanpa mengubah maksud).
Dalam hati temen saya, “Padahal itu udah lumayan cuepet disini, tapi masih lemot katanya?”

Jadi, internet murah tuh bisa aja. Tapi sangat sangat lueeeeemot, Mau?

Sehari Sidang

Jadwal sidang hari Kamis jam 8 tet. Tapi waktu datang jam 8 kurang 15, ternyata pengujinya belum datang, sepi, sendiri seorang diri.
Ditunggu setengah jam belum datang juga, waduh tau gini berangkat agak siang dikit.
Jam 9 (sekitar jam 9 lah), mulai presentasi. Untung nggak diuji Pak Bas, pembantai sidang yang lumayan sadis. Lumayan, aku dah tau karakter pengujinya. Sedikit bisa memprediksi pertanyaan.
Sengaja presentasi kubuat dikit biar cepet menuju sesi pembantaian. Pertanyaan pertama,… kedua bisa diatasi. Alhamdulillah, akhirnya cuman nambahi program biar lebih ganteng.