Serumpun sama dengan Sebudaya ???

Mungkin ada orang Jepara yang jaman dulu pergi ke Malaysia kemudian beranak-pinak. Kita tidak bisa melarang orang Jepara (yang lama tinggal di Malaysia) untuk meninggalkan budaya asli ke-Jepara-annya.

Mungkin ada orang Surabaya yang sekolah di Malaysia kemudian beranak pinak bersama orang Jepara. Kita tidak bisa melarang orang Surabaya (yang lama tinggal di Malaysia) untuk meninggalkan budaya asli ke-Surabaya-annya.

Kata orang kita serumpun, mungkin ada beberapa budaya mereka yang ada di Indonesia dan PASTI ada beberapa budaya Indonesia ada di Malaysia. Pada jaman Majapahit dulu, wilayah kekuasaan kerajaan hingga ke wilayah Semenanjung Malaka.

Mungkin karena saking bagusnya content budaya kita, mereka jadi latah lalu merasa memiliki lalu mengklaim menjadi milik mereka.

Ckckckck. Pola pikir preman.

*Maaf buat bang preman, namamu kusebut*

6 thoughts on “Serumpun sama dengan Sebudaya ???

  1. eya eya masalah Malaysia vs Indonesia…
    na’am pak sebenarnya orang-orang secara garis keturunan mungkin memiliki kesamaan. Tetapi menjadi konflik ketika sudah dibatasi dengan teritori, negara. hahaha yang katanya bangsa nya akan menjadi berbeda… jadi ya masalah2 itu menyinggung harkat mereka sebagai bangsa sebuah negara
    *hahaha ngomong apa sih aku? LOL

Mau Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s