Prospektif E-Learning di Surabaya : Peluang dan Tantangan :

Sekolah memang harus di sekolahan,
kuliah memang harus di kampus,
tapi belajar bisa dimana saja.

Elearning pada dasarnya adalah ekstensifikasi model pembelajaran menggunakan media internet, sehingga mau tidak mau proses belajar berlangsung secara virtual dan mengijinkan guru dan murid berada dalam waktu dan ruang yang tidak sama. Referensi lain mengenai elearning disini.

Setelah kita tahu apa itu elearning, kita bisa diskusikan nasib penggunaan elearning di Surabaya. Elearning menjadi menarik dan sangat menarik sekali diterapkan di Surabaya karena :

More...

1. Penyediaan bahan ajar menjadi lebih mudah dan interaktif. Dengan menggunakan elearning, adaptasi bahan ajar akan semakin mudah karena semua disediakan dalam bentuk digital (ebook, pdf, ppt, odp, flv, swf, avi, dat, dll)

2. Kesadaran masyarakat terhadap manfaat internet semakin baik setelah masyarakat mengenal PSB online yang diselenggarakan oleh dispendik Surabaya.

3. Biaya akses internet semakin murah setiap Kbpsnya (kilo-byte-per-second) disbanding beberapa tahun yang lalu, walaupun tetap saja masih terlalu mahal bila dibandingkan dengan kecepatannya yang pasang-surut.

4. Hampir tidak ada blank spot sinyal di Surabaya (3G, 3.5G, dll). Tempat untuk mengakses internet semakin mudah ditemui. Semakin banyak area yang bisa digunakan untuk mengakses internet. Kota Surabaya bahkan menyediakan akses hotspot di setiap taman kota dan beberapa ruas jalan. Selain itu, sudah banyak warnet yang bertebaran di sekeliling kota dengan biaya akses yang terjangkau. Banyak alternatif lain ketika mengakses internet selain melalui komputer/laptop, yaitu melalui HP/PDA.

5. Menuntut ilmu tanpa seragam, tanpa uang gedung, tanpa pungli, dan tanpa iuran macam-macam lainnya. Sekalipun ada, pasti akan memangkas biaya menjadi lebih murah.

6. Kota Surabaya sudah menerapkan beberapa sistem administrasi yang terkomputerisasi yang belum diterapkan oleh kota lain di Indonesia, misalnya pembuatan paspor, pembuatan NPWP, pembuatan/perpanjangan SIM dan STNK, PSB online, dll. Sehingga masyarakat telah lebih familiar dengan komputerisasi dan tidak ada salahnya untuk mencoba menerapkan metode belajar ini.

7. Beberapa aplikasi elearning bahkan mengijinkan sebuah kelas virtual dalam waktu yang bersamaan menggunakan teknologi streaming.

Namun selain berbagai dukungan dan keuntungan tersebut, beberapa hambatan yang pasti akan dihadapi oleh sang guru ataupun murid mengingat ini adalah sebuah teknologi yang baru tapi lama (walaupun terlambat untuk diimplementasikan). Sampai saat ini, elearning sudah dicoba untuk diterapkan di beberapa institusi pendidikan kita. hambatan itu adalah:

  • Elearning tidak menggantikan metode belajar lama tapi memperkayanya dengan sebuah cara baru.

Elearning hanyalah sebagai salah satu dukungan cara belajar yang dilakukan di kelas, bukan menggantikan pertemuan yang hanya di kelas menjadi melalui layar monitor komputer. Pertemuan visual dan verbal antara guru dan murid dalam sebuah kelas fisik tetap wajib dan harus dan musti diadakan agar sang guru dapat membentuk sikap belajar dan tercipta kepercayaan antara murid dan guru mengingat tugas seorang guru tak hanya mengajarkan ilmu yang ada dalam buku pelajaran, namun juga ilmu dalam kehidupan (social engineering).

  • Pro-kontra penerapan metode ini sudah biasa. Tinggal keteguhan hati penyelenggara (guru/sekolah). Banyak guru atau siswa yang masih awam terhadap teknologi ini, tapi ini sudah diatasi oleh diknas yang lebih dulu merilis program jardiknas-nya sehingga, paling tidak, guru dan murid sudah lebih dulu mengenal teknologi semacam ini.
  • Semua bahan ajar disediakan dalam bentuk digital, sehingga memerlukan sebuah computer untuk operasionalnya. Sayangnya, tidak semua guru atau murid mampu memiliki computer untuk keperluan ini.
  • Bahan ajar dalam bentuk digital berupa ebook dapat di-print, namun biaya print lebih mahal dari biaya membeli sebuah buku, padahal Copyright ebook melarang untuk menggandakan sebagai cara untuk menyiasati harga print. Jadi perlu diciptakan ebook yang open source (sebagai wacana saja).

Walaupun elearning sudah dimanfaatkan oleh beberapa institusi pendidikan, namun pemanfaatannya tetap saja masih belum maksimal. Tapi kita bisa optimis dalam waktu kurang dari 3 tahun, elearning akan semakin banyak diimplementasikan dan dimanfaatkan di Surabaya. Sinyal positif ini bisa kita lihat pada niat baik dispendik surabaya yang mulai mengedarkan buku elektronik (ebook) sebagai penunjang belajar selain menggunakan buku fisik (minjem istilah voucher fisik dan voucher elektrik). Dispendik juga merilis perpustakaan digital yang serupa namun tidak sama dengan perpustakaan biasa dan pada umumnya. PSB onlen juga sudah diselenggarakan oleh Dispendik Surabaya walaupun secara teknis kurang sukses di lapangan. Sampai saat ini, satu jempol untuk dispendik. Mau jempol lagi?? Ayo inovasi lagi.

11 thoughts on “Prospektif E-Learning di Surabaya : Peluang dan Tantangan :

  1. Jadi inget kasus PSB kemarin. Keluhan orang tua macem2 dan lucu; ada yg protes krn monitornya kok bukan yg LCD/flat lah, ada yg bilang pengen layar plasma lebar lah…. sementara kebanyakan blum bisa akses internet:mrgreen:

  2. Orang2 yang ikut e-learning itu harus punya komitmen dan semangat kuat, kalo aku pasti udah ga sanggup. Lha wong dengerin dosen di kelas aja ngantuk apalagi disuruh baca sendiri, kalo buka internet pasti lebih milih browsing deh😛

  3. Ndop
    Wah, ya itu salah satunya.

    Sadat
    Monggo

    awis
    Iya, sekeren saya.😎

    aRul
    juga harus ada ngenet gratis😀 wekekekeke

    siwi
    Masalah kebiasaan ajah😀

    Akhmad Guntar
    Teknisnya seperti itu mas hehehe

    angki
    Iya, istimewa, sip, mantap, dan keren, tinggal dimanfaatkan aja. Jangan dibiarkan menganggur.

  4. Elearning
    Anda bisa melihat beberapa koleksi ebook, yang bisa anda kunjungi :
    http://elearning.gunadarma.ac.id/

    Materi Ajar (bentuk tayangan pdf)
    Kami memiliki beberapa materi ajar yang dapat anda download :
    http://ocw.gunadarma.ac.id/

    Penelitian
    Ada beberapa topik penelitian yang mungkin dapat menjadi ide penelitian anda, silahkan kunjungi situs kami :
    http://repository.gunadarma.ac.id/

    Penelitian Kecil (Level PI)
    Kami juga memiliki beberapa abstrak dari penelitian ilmiah atau kerja praktek :
    http://library.gunadarma.ac.id/penulisan.html

    Semoga bermanfaat untuk anda 

Mau Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s