Menginstall Bahasa di Moodle

Moodle bisa pake bahasa macem-macem lho… hihihi hihihi . Bahkan kita bisa buat bahasa daerah kita sendiri untuk moodle. Tapi buat apa kita bikin bahasa kita sendiri kalo nggak semua orang paham?? Makanya hati-hati sama bahasa.😎

Biasanya kita bisa langsung install paket bahasa moodle lewat link yang ada di menu Language > Language Packs. Tapi kalo kita aplikasikan nggak nyambung ke internet, kita nggak akan bisa ndonlot paket bahasa lewat link-nya. Makanya kita juga perlu tahu cara manualnya.😀

Disini saya coba di Windows XP, menggunakan webserver XAMPP. Windows XP saya menggunakan lisensi Institut Teknologi Sepuluh Nopember, secara pake kompi milik kampus😀 . Dulu saya coba ndonlot paket bahasa Indonesia, tapi saya rasa masih kurang lengkap dan oke *menurut sayah*. Oleh sebab itu saya edit, saya tambahi, saya selipi, saya modif sehingga serasa pas di hati saya *wehehehehehe😀 *. Jika anda ingin ngedit ya edit sendiri, ada kok menunya😎 .

Okeh… saya mulai panduannya. Diperhatikan lho ya! jangan membangkang, apalagi melawan hihihi.

1. Anda harus login sebagai Administrator sebelum menginstal paket bahasa baru dalam Moodle.

2. Setelah anda login sebagai Administrator, masuk kedalam menu Language, kemudian submenu Language Packs ( Language > Language Packs ). Maka akan tampil halaman seperti gambar dibawah ini. (Maapf kalo gambarnya kurang jelas. maaf . Diklik kanan trus pilih view image saja yah.😀 )
moodle Bahasa

3. Jika anda tersambung dengan internet, moodle akan secara otomatis melakukan instalasi paket bahasa baru dari alamat tertentu. Jika anda tidak tersambung dengan internet maka anda harus melakukan instalasi secara manual, yaitu mendownload file bahasa kemudian meng-copynya ke dalam direktori moodle/moodledata/lang anda. Pada gambar diatas, lokasi moodle terdapat di C:\Program Files\xampp\htdocs\work\moodle\moodledata/lang/.

4. Jika telah selesai meng-copy paket bahasa baru kedalam folder tersebut maka bahasa yang telah anda install tersebut akan tampil dalam daftar bahasa yang sudah terinstall.

5. Setelah itu anda harus melakukan pengaturan bahasa dalam moodle anda. Anda harus masuk kedalam submenu Language Setting ( Language > Language Setting ).

6. Berikut ini adalah beberapa penjelasannya,

Default Language : Pada kombo ini akan berisi daftar paket bahasa yang telah kita install. Yaitu English (default) dan paket bahasa lain.

Display Language Menu : Pilihan untuk menampilkan menu bahasa kedalam moodle sehingga user dapat memilih bahasa yang dikehendakinya.

Language on Language menu : Jika anda telah menginstall banyak bahasa, anda dapat mengatur bahasa apa saja yang ingin ditampilkan dalam menu pilihan bahasa.

Cache language menu : Untuk penyimpanan sementara agar bahasa dapat diakses lebih cepat.

Sitewide locale : Tampilan format tanggal pada moodle. Dibiarkan kosong saja.

Excel Encoding : Encoding file untuk Report kedalam excel.

7. Untuk menampilkan menu pemilihan bahasa, pilih Yes pada ComboBox Display Language Menu. Jika semua pengaturan yang anda kehendaki sudah dilakukan, simpan pengaturan tersebut dengan menekan tombol Save Changes.

8. Selanjutnya kita dapat melihat menu pilihan bahasa pada halaman awal moodle. Anda dapat memilih bahasa pada menu yang ada di pojok kanan atas.
menu Bahasa

Semoga membantu hehe.

5 thoughts on “Menginstall Bahasa di Moodle

Mau Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s