Siapa Penjiplak, Pencontek, dan Plagiator Sejati ??

Pernah seseorang misterius pernah bilang ke sayah “kalo nyontek tuh gpp asal yang SMART, jangan asal2an apalagi ketahuan”.

Pemahaman saya pada perkataan orang misterius itu …………
mbacem/nyontek laporan atau tugas ada beberapa macam cara.
1. Ngganti font doang *pecontek goblok nih*
2. Ngganti warna, font dan ukuran kertas *pecontek agak goblok dikit*
3. Ngganti style (replace kata, paragrap, font, warna, numbering, posisi, dll) *pecontek agak pinter dikit*.
4. Kombinasi nomor 3 dengan menambahi yang perlu dan mengurangi yang gak perlu *pecontek lumayan*
5. Diambil ide, gagasannya dan kesimpulannya. Kemudian diolah dan dikembangkan dengan cara yang benar-benar berbeda dan alur yang berbeda sesuai diri kita sendiri. *Sudah nggak begitu keliatan contekannya*

Anda termasuk yang mana?? aTau mau nambah kategori?? Silakan😀😀😀😛

17 thoughts on “Siapa Penjiplak, Pencontek, dan Plagiator Sejati ??

  1. kalo di dalam tugas seperti yang terakhir itu lebih baik. tapi dalam forum ilmiah, lakukan yang terakhir plus sebutkan idenya dari mana. itu untuk menghargai authority of conduct dari si pengarang sebelumnya

    :p

  2. kalau sekadar ide yang sama sih masih mendingan. gaya penulisan dan problem solving setiap orang kan beda. tapi kalau ide, gagasan dan kesimpulan itu namanya nyontek beneran….
    eh tapi masih tetep nyontek ya…..

  3. Alow sobat pa kbr ni sehat2 kan? Lam knal ya ni aq AR Eros mahluk unik dan langka dari lereng gunung Welirang tepate Prigen Pasuruan. bayi blogger yang lahir 8 juli 2008 kemarin (8-7-8) angka yg lumayan unik ya. oia aq boleh kn jd tmen km kn ? Add aq yach pliss. oia sempetin jg mampir ke web q ya? berbagi hal-hal umum, seru, kocak, gokil dsb. juga baca pgalaman q di datangi malaikat bukan untuk mengaku jadi imam mahdi apalagi jadi nabi akhir zaman tapi dia dy perantara utusan Allah SWT untuk melakukan perubahan dasyat klik sni ya : http://www.areros.co.cc

  4. kalo dia nyebutin sumbernya itu bukan nyontek namanya…. memang tulisan ilmiah itu kayak gitu….
    kalo kayak yang disebutin diatas, kalo memang idenya sendiri or gacorannya sendiri itu bukan tulisan ilmiah, tapi gacoran biasa. tapi udah nyontek n gak nyantumin asalnya dari mana tulisan itu n sok itu tulisannya sendiri, yo iku plagiat/ pembacem sejati….. gak tau kuliah iku….

  5. kalo menurut saya sih yg kelima itu bukan nyontek lagi namanya, berarti dia menegaskan suatu masalah dengan pandangannya,, yah.. kalo itu lebih diminati berarti dia lebih kreatif dari pemilik ide asli, mungkin karena penyampaiannya lebih menarik. Lagipula, katanya kan yg orisinil itu sudah sedikit banget sekarang…
    Eh, apa tetep nyontek juga ya?😕

    Tapi, yg jelas, lebih baik tidak menyontek. Pun menyontek, sebutkan sumber dan modifikasi dikitlah!

  6. ..dalam hal ‘nyontek’ laporan atau tugas, kalo ketika gw masih anak sekolahan, agak beda dikit.. Yaitu, lihat metode-nya si A, alur-nya si B, flowchart-nya si C, nah, terus gw ambil metode/alur/flowchart gw sendiri deh.. Kadang2, mirip2 ama A/B/C atau gabungan semuanya, kadang2 malah amat sangat berbeda..

  7. wah………….
    dari apa yang diuraikan ad betulNya juga. sampai-sapai ak bingung ak masuk dimana. karena semuanya pernah dilakukan.
    Tapi esok ak coba yang terakhir deng kayaknya lebih baik lo.
    thans ya

Mau Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s