Era Informasi 2

Saya masih belum percaya 100% dengan istilah “paperless”. Karena data dan informasi tanpa kertas akan kurang valid nilainya. Walaupun sudah ada digital signature, toh masih tetap ada yang mengharuskan dengan tanda-tangan aslinya. Jadi, teknologi informasi sampai saat ini masih belum bisa menggantikan pekerjaan manusia. Teknologi informasi hanya sebagai support system saja.

Semua teknologi yang ada di dunia ini pun sebenarnya masih banyak mempunyai kesalahan (error). Saya tidak percaya kalau ada sebuah teknologi yang dapat membantu manusia hingga 100%, karena jika sudah 100% maka teknologi tersebut dapat menggantikan manusia. Padahal manusia saja masih banyak punya kesalahan, termasuk saya.

Tidak mungkin ada teknologi yang melakukan satu hal, berkonsentrasi pada satu hal dan melakukan hal tersebut dengan benar 100%, keadaan tersebut sangat normal dan wajar.

Semua bidang pekerjaan membutuhkan kesejatian, yaitu adanya campur tangan manusia (manual). Katakan ada sebuah mesin yang mampu beroperasi siang malam tanpa henti secara otomatis, tapi tetap saja ada manusia yang menyalakan mesinnya, mengawasinya, kemudian merawatnya.

Manusia juga pasti akan kembali ke sebuah kesejatian. Manusia beraktifitas tidak seperti mesin ataupun software yang siang malam tanpa henti. Manusia butuh makan untuk tenaga sama seperti mesin yang butuh tenaga untuk beroperasi. Dan satu hal lagi yang pasti sama untuk semua hal di dunia ini kecuali Dia, yaitu kematian.

16 thoughts on “Era Informasi 2

  1. Ehh, serius nich…

    Pantes loh beberapa posting saya hilang beberapa ahri yg lalu… entahlah.. saya gak ngerti juga…

    duh, tiba2 inget saya gak punya back up file blog saya… misih ahhh, mo pulang dulu, mo bikin back up…😀

    silly

Mau Komen

