VNC (Remote Windows-Linux)

VNC hampir mirip seperti RDesktop, hanya saja yang bertindak sebagai server bisa berupa PC Linux maupun PC Windows, jadi bisa saling me-remote.

Siapkan paket VNC

[root@localhost RPMS]# ls -l vnc*
-rw-r–r– 37 root root 67807 Feb 24 2003 vnc-3.3.3r2-47.i386.rpm
-rw-r–r– 35 root root 1084834 Feb 24 2003 vnc-doc-3.3.3r2-47.i386.rpm
-rw-r–r– 37 root root 727566 Feb 24 2003 vnc-server-3.3.3r2-47.i386.rpm

Install paket VNC

[root@localhost RPMS]# rpm -ivh vnc*
warning: vnc-3.3.3r2-47.i386.rpm: V3 DSA signature: NOKEY, key ID db42a60e
Preparing…
########################################### [100%]
package vnc-server-3.3.3r2-47 is already installed
package vnc-3.3.3r2-47 is already installed

reStart service VNC, jika berfungsi sebagai VNC Server

[root@localhost /]# /etc/init.d/vncserver restart
Shutting down VNC server: [ OK ]
Starting VNC server: [ OK ]

Menggunakan VNCViewer

[root@localhost /]# vncviewer

vncviewerw.jpgvncviewer1.jpg

Lalu masukkan no IP
apabila vncserver-nya PC Linux maka masukkan IP VNC server dan portnya serta password, hasilnya akan muncul desktop PC yang kita remote
vncviewer3.jpg
apabila vncserver-nya PC Windows cukup masukkan IP VNC server serta password yang telah ditentukan, hasilnya akan muncul desktop PC yang kita remote
vncviewerw2.jpg

7 thoughts on “VNC (Remote Windows-Linux)

  1. bantu ya…
    di kantor saya ada 6 komputer client yag tidak menggunakan UPS itu ada di lantai 1, saya mengaktifkan remote desktop pada menu desktop – pengaturan – desktop remote (menggunakan Ubuntu 7.04), sedangkan saya berada di lantai 7 dengan menggunakan Fedora, kalau meremote komputer sesudah login itu berhasil, tetapi pada saat mati lampu dan komputer restart, saya tdk bisa meremote untuk login, bagaimana caranya biar saya bisa login tanpa harus kelantai satu 1 lagi? mohon bantuannya,
    ohya kalo saya pake cara mengaktifkan vncserver lewat file vncservers ko yag tampil bukan desktop yg aktif yah, jadi tampilan di bawah ama tampilan yg di remote ga sama, desktopnya sama, semua sama tp aktifitasnya ko ga ada, jadi kaya sendiri2 makekomputernya… jadi saya tetap menggunakan fasilitas desktop remote aja yg bisa, tp ya itu mau login bingung…tolong yah?

  2. shu galih
    Kok saya agak bingung yah?? *maafkan sayah*
    Saya bantu sepaham sayah ajah.

    1. Seharusnya kita bisa ngremote kompi di lt1, tapi pas ngremote kita harus masukin username dan password.

    2. vncserver. Kalo ini saya masih bingung

Mau Komen