Warung Internet

Warnet pada dasarnya adalah sebuah jaringan komputer, yaitu sebuah sistem yang terdiri atas komputer, perangkat komputer tambahan dan perangkat jaringan lainnya yang saling terhubung menggunakan media tertentu dengan aturan yang sama dan bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Misalnya,

  • Pembagian sumber daya: berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk.
  • Komunikasi: surat elektronik, instant messaging, chatting
  • Akses informasi: web browsing
  • Membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date
  • Sistem penyimpanan data terpusat ataupun terdistribusi yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses

Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Internet merupakan salah satu contoh jaringan nyata di dunia, internet merupakan gabungan dari jaringan – jaringan kecil yang ada di dunia yang bergabung menjadi satu jaringan yang besar di dunia. Selama kita koneksi ke jaringan besar internet kita bisa mengambil manfaat darinya. Beberapa aplikasi yang disediakan oleh internet :

  • Electronic Mail, memungkinkan kita saling berkirim surat dengan teman di suluruh dunia
  • Web, dengan web memungkinkan pengambilan informasi yang kita perlukan yang disharing oleh orang – orang yang ada di dunia;
  • Electronic Conference, memungkinkan melakukan rapat dengan kolega yang ada dimanapun
  • File Transfer, melakukan pengiriman file
  • Remote Komputer, bisa menjalankan komputer dari jarak jauh
  • Database akses, mengakses database dari jarak jauh

Proses bisnis pada warnet pada prinsipnya merupakan proses jual kembali jasa Internet karena memang secara teknologi Internet menggunakan teknologi gotong royong. Dengan adanya kerjasama saling sambung (sambung menyambung) maka jaringan yang besar dapat di bentuk dengan mudah & murah. Biaya akses Internet akan menjadi murah jika di tanggung oleh banyak orang sekaligus.

Sampai saat ini biaya akses Warnet masih sekitar Rp. 2-5000 / jam; teknologi warnet yang di implementasikan di pusat-pusat massa sebetulnya memungkinkan untuk memperoleh akses Internet yang sangat murah sekali. Jadi harga betul-betul bisa di mainkan se rendah-rendahnya untuk konsentrasi massa yang cukup besar.

Sebuah warnet 24 jam yang memasang tarif Rp. 2.000 perjam, warnet tersebut mempunyai 10 komputer yang terhubung ke Internet. Mari kita hitung 10 komputer yang dipakai pelanggan perjam dalam 24 jam sehingga pendapatan kotor warnet adalah Rp. 480.000 dalam satu hari, dan 14,4 juta dalam 1 bulan. Sedangkan biaya warnet waktu melakukan koneksi ke ISP / internet adalah sekitar 800.000 – 3 juta rupiah dalam satu bulan. Jadi terlihat jelas seberapa besar keuntungan sebuah warnet dalam setiap bulannya. (Padahal gak sesederhana itu, huahahaha)

Konsep warnet sebetulnya tidak harus di batasi oleh ruang & dinding warnet, tetapi bisa juga mengembangkan konsep warnet menggunakan teknologi yang ada untuk mengkaitkan tetangga-tetangga, kompleks perkantoran, kompleks perumahan, gedung perkantoran, hotel, kampus network dll. Pada akhirnya bukan mustahil kita mengenal RT/RW-Net, office-net, kecamatan-net, hotel-net, kos-kosan-Net dll .. pada akhirnya akan membingungkan batasan antara ISP, Warnet, jaringan internet dll.

Reference
Garis Besar Model Usaha di Internet, Onno W Purbo
Iwan Setia
Siwi Piranti R
Hero Yudo

11 thoughts on “Warung Internet

  1. Makanya bang, ngitungnya ga semudah itu.
    Dan gak mungkin juga semua client terpakai selama 24 jam.
    Paling paling dari 10 client terpakai rata-rata 8 komputer.
    Waktu rata-rata juga paling cuman 15-18 jam-an.
    Trus piye ngene iki??
    Aduuh … capek deh.

Mau Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s