Manusia yang hewan

Manusia, seperti dalam kitab, manusia diartikan sebagai hayawan natiq, atau yang lebih keren lagi hayawan yang sempurna karena pemberian akal dan hati. Tapi kadang2 kita sendiri tidak menyadari kalau kita terlalu mendewakan akal dan juga menggantungkan sesuatu pada hati kita dan kita tidak menyadari dalam setiap pemikiran2 kita yang muncul dari akal kita akan di”boncengi”oleh bisikan2 makhluq yang terkutuk didunia dan akhirat”. Apakah setiap bisikan2 itu harus berupa sesuatu yang jelek/jahat?”, yang pasti tidak,”. Bagaimana kita bisa membedakan hal itu dipengaruhi oleh makhluq itu? Wallahu A’lam, hanya kepada-Nya lah kita berlindung dan sesungguhnya segala sesuatu ada pada KemahaTahuan-Nya.

rheca_yaman@yahoo di milis dinastyVIII

14 thoughts on “Manusia yang hewan

  1. Benar sekali. Abang sering menggunakan pepatah tersebut untuk mengingatkan teman2 agar tidak berprilaku seperti hewan. Karena derajat manusia lebih tinggi dari hewan terletak di akal budi. Makanya, dibeberapa ayat dalam Al Qur’an ada kata2 ” .. bersyukurlah untuk orang2 yang berpikir” .. jadi akal digunakan untuk berpikir. Masalah kemudian dia akan dibonceng oleh “hal2 lainnya” maka kita harus banyak2 belajar. Bukankah ada pepatah yang mengatakan malu bertanya sesat dijalan?

    Good posting.

  2. ………………………………..
    sifat hewan-nya manusia klo dituruti bisa menjadi hewaniah yang tidak mempunyai naluriah kehewanan,
    hiiiiii….
    pastinya mengerikan sekali……

  3. tapi yang penting kesediaan untuk menggunakan akal dengan semestinya. kalo hari ini banyak pejabat yang korup, apa mereka sedang tidak jadi manusia ya?
    kalo gak jadi manusia, jadi apa donk?
    hewan kali ya……………….?

    *lirik kanan kiri, ah, gak takuttttttt!*

Mau Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s