Jika-Maka Kehidupan

Jika seandainya . . . . . .
Hidup ini hanya disusun dengan serangkaian kemungkinan IF dan THEN . Maka akan sangat banyak kemungkinan dan baris kode IF dan THEN yang ditulis.
Karena setiap kita mengambil langkah, akan diikuti oleh IF dan THEN yang lain sebagai konsekuensinya
Coba bayangkan banyaknya kode IF dan THEN yang ditulis, jutaan? milyar? Saya tak bisa membayangkannya!

Tapi saya yakin kalo hidup ini lebih dari sekedar IF dan THEN, sebab dan akibat, aksi dan reaksi. Karena sebegitu kompleksnya pilihan dalam hidup kita.
Lebih mirip apa ya? Neural Network mungkin (katanya orang teknik)? atau reaksi berantai (katanya orang kimia)? atau apalah namanya.
Pada kehidupan sehari-hari, kita dihadapkan pada banyak pilihan. Seberapa pandai kita memilih?

Keberhasilan dan kebesaran seorang manusia bukan ditentukan oleh kemampuan dan kepandaiannya, tapi karena pilihan yang berani diambilnya (Albus Dumbledore).

12 thoughts on “Jika-Maka Kehidupan

  1. Pada kehidupan sehari-hari, kita dihadapkan pada banyak pilihan.

    Bukannya pada saat kita beranggapan kalo kita gak punya pilihan, sebenernya kita masih punya pilihan. Yaitu pilihan untuk tidak memilih…….

  2. Kadang seberapa pandai kita milih nggak cukup cak, karena ada juga faktor eksternal, yaitu pilihan2 yang dipilih orang lain yang berpengaruh pada pilihan kita..

    *mbulet ya.. hehe..*

  3. Menurut saya bukan “seandainya”, melainkan memang “sesunguhnya” — bahwa hidup berisi serangkaian pilihan, lengkap dengan atribut dan konsekuensinya masing-masing.

    Dan “seni” nya hidup adalah soal bagaimana kita menentukan pilihan itu sendiri.

  4. [xwoman] “…hidupnya tidak akan mengubah posisinya dia…”
    jika lapar maka makan
    jika makan maka kenyang
    jika kenyang maka ngantuk
    jika ngantuk maka tidur

    Masa’ ga ada perubahan posisi sih?? Iya tah?? Masa?? Oya??

Mau Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s