Internet Gratis? Murah?

Kemaren dulu waktu saya dan temen2 seangkatan SE ke Telkom, saya pernah nanya ke pejabatnya:
“Kenapa internet kok bisa sangat mahal sekali di Indonesia?”.
“Di dunia ini ga ada yang gratis,……[bla][bla][bla]”. katanya pak pejabat itu (Dirubah sedikit tanpa mengubah maksud).
Kata saya dalam hati, “Iyo pak, ngerti kalo di dunia ini ga ada yang gratis. Wong kencing aja bayar..”. Tapi pertanyaan saya kan kenapa bisa semahal sekarang?

Selama ini sih saya kalo mau browsing ya di kampus aja (gratisan). Tapi saya sempat mikir, gimana masa depan saya tanpa internet? (terlalu hiperbol). SMSan lewat internet, cari makalah lewat internet, surat2an lewat internet, cari ide lewat internet, cari istri kan juga bisa lewat internet(hehehehe), …….dst.

Dalam internet, lebih singkatnya, para pemainnya menjual bandwith ke orang lain. Semakin besar bandwith yang kita beli, maka harganya semakin mahal. Semakin besar bandwidth yang kita beli, semakin cepat pula akses kita di internet.

Jadi inget cerita temen saya waktu kerja praktek di Probolinggo. Waktu itu da pertukaran pelajar dari Jerman yang berkunjung ke kantornya. Katanya orang Jerman itu waktu nyoba internet di kantor, udah diterjemahkan di Indonesia,
“Aksesnya lama ya, beda sekali sama di negara saya” kata orang Jerman itu (Dirubah sedikit tanpa mengubah maksud).
Dalam hati temen saya, “Padahal itu udah lumayan cuepet disini, tapi masih lemot katanya?”

Jadi, internet murah tuh bisa aja. Tapi sangat sangat lueeeeemot, Mau?

7 thoughts on “Internet Gratis? Murah?

  1. Jadi ingat komentar wisudawan tgl.21 Juli 2007 yang dibacakan oleh Rektor ITB, salah satunya mahasiswa dari Vietnam….bahwa fasilitas internet sangat lambat….langsung disambut tepuk tangan gemuruh.

  2. duuh kok kepengen internet gratis sih… wong, kencing aja bayar… tapi kalau internet itu harus gratis, tentu menunggu kebaikan hati para pengusaha seperti TV, lihatlah nonton gratis 24 jam …. kapan giliran internet seperti TV…

Mau Komen

