Electronic Mail – How It’s Work ?

//www.benih.net/Electronic Mail atau biasa kita kenal sebagai pesan elektronik, surat elektronik, Electronic Message, atau E-Mail (imel kalo dibaca bahasa Indonesia) sebenarnya sama dengan surat biasa namun ditulis dalam bentuk digital dan dikirimkan melalui jaringan antar komputer (Internet, LAN, MAN, dll). Karena dikirimkan melalui internet, email relatif lebih cepat sampai tujuan daripada surat biasa. :D

Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris “e-mail atau email” (ejaan Indonesia: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet.

Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.

Sebenarnya ada 3 komponen yang membangun sebuah Electronic Mail, yaitu: :roll:

  1. User Agent
  2. Mail Server
  3. Protokol (POP3, SMTP, IMAP)

User Agent adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk menulis email (composing), membaca email (reading email) dan mengirimkan email (sending email). Banyak aplikasi User Agent yang sudah ada di sekitar kita, misalnya Eudora, Outlook, Elm, Netscape Messenger, dan masih banyak lagi. Bila anda mengenal Yahoo!Mail, Gmail, Plasa, SquirrelMail dan sebagainya itulah beberapa aplikasi email yang berbasis web (webmail). :roll:

Mail Server adalah sebuah aplikasi server yang dijalankan untuk melayani pengiriman dan penerimaan email. Pada mail server juga terdapat mailbox yang berisi email yang diterima dari mail server lain, misalnya Postfix, MercuryMail, dll. :roll:

Protokol adalah sebuah tipe, sintaks, semantik dan aturan agar sebuah pesan dapat diproses dan direspon. Protokol yang digunakan pada Email adalah SMTP, IMAP dan POP3. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) digunakan untuk mengirimkan email ke mail server lain. POP3 dan IMAP digunakan untuk mendownload/melihat email yang ada dalam mailbox mail server.

Jadi begini ceritanya ketika Beni mengirimkan email ke Fuad hihi

  1. Beni menggunakan User Agent (UA) untuk menulis email dan mengirimkannya ke Fuad (fuad@someserver.com).
  2. UA milik Beni mengirimkan email ke mail server Beni .
  3. Mail Server yang digunakan beni akan mengirimkan email ke mailserver Fuad
  4. Mail Server Beni mengirimkan email ke Mail Server Fuad melalui protokol SMTP.
  5. Email diterima oleh Mail Server Fuad dan disimpan dalam inboxnya.
  6. Fuad menggunakan UA untuk membaca email yang ada dalam inbox di Mail Server Fuad.

mail work flow

Pada artikel ini, kita akan bahas pembuatan Mail Sender. Mail Sender adalah suatu aplikasi untuk menulis surat (composing), mengirim email. Kita akan menggunakan sebuah library bernama JavaMail yang bisa didownload disini yuuk.

The JavaMail API supports JDK 1.4 or higher. Note that we have currently tested this implementation with JDK 1.4, 1.5, and 1.6.

While JavaMail will work with JAF 1.0.2, we recommend the use of JAF 1.1 or newer. JAF 1.1.1 is currently the newest version. Note that JAF 1.1 is included in JDK 1.6 and JAF 1.1.1 will be included in a future JDK 1.6 update release.

Untuk menggunakan JavaMail, yang dibutuhkan adalah Java Development Kit (JDK) 1.4 atau setelahnya. Jika menggunakan JDK 1.4 maka kita harus install JAF lebih dulu, tapi kalau kita menggunakan JDK 1.6, JAF sudah terinclude di dalamnya jadi kita tidak perlu menginstall JAF lagi.

Setelah anda meng-extract JavaMail, biasakan membaca ReadMe.txt. File ReadMe.txt berisi tentang petunjuk penggunaan JavaMail disertai deskripsi setiap file yang disertakan dalam setiap foldernya.

Jadi begini skenarionya, kita akan buat sebuah Mail Sender dan Mail Reader: :cool:

Untuk mencoba mengirim email melalui UA buatan kita sendiri, kita dapat memakai file smtpsend.java yang ada dalam folder demo/

Mai Sender

Untuk mencoba membaca email melalui UA buatan kita sendiri, kita dapat memakai file yang ada dalam folder demo/client dan jangan lupa baca ReadMe.txt nya :cool:

Mail Reader

About these ads

2 gagasan untuk “Electronic Mail – How It’s Work ?

  1. bagaimana mengetahui settingan protokol keluar masuk email milik kita?????
    satu lagi tambahan gung…….emailnya kudu diseting dulu biar dapat jalan melalui protokol yang kita inginkan……

Mau Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s