Microsoft Office tidak BERKUALITAS !!!

Semua software atau sistem informasi pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan. Belum ada software atau sistem informasi yang paling berkualitas. Semuanya hadir dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebagai contoh adalah Microsoft Office 2007. Aplikasi perkantoran ini hadir dengan tampilan yang radikal. Tampilan yang tidak biasa dan agak menyusahkan karena banyak perubahan posisi semua tombol pada versi sebelumnya.

Microsoft Office adalah software aplikasi perkantoran yang pertama kali dirilis pada tanggal 30 Agustus 1992. Aplikasi yang pertama kali dirilis adalah Microsoft Office 3.0 yang waktu itu hanya ada beberapa aplikasi pendukung perkantoran, yaitu:

  1. Microsoft Office Word untuk pengolahan kata
  2. Microsoft Office Excel untuk pengolahan data numerik
  3. Microsoft Office Power Point untuk presentasi
  4. Microsoft Office Outlook untuk menggunakan email

Microsoft office hingga saat ini telah merilis beberapa versi yang lebih baru yang katanya lebih aman, canggih, mudah digunakan, tampilan yang lebih indah, interoperabilitas antara program dengan office, dan penambahan program baru ke dalam office. Penambahan program baru menjadikan office dengan komposisi baru, yaitu

1. Microsoft Office Word
2. Microsoft Office Excel
3. Microsoft Office Power Point
4. Microsoft Office Outlook
5. Microsoft Office Access
6. Microsoft Office Infopath
7. Microsoft Office Publisher
8. Microsoft Office FrontPage
9. Microsoft Office OneNote
10. Microsoft Office Project
11. Microsoft Office Visio

Beberapa tambahan tidak disertakan dalam satu bundel paket Software, tetapi harus membeli lagi untuk memperolehnya >: .

Beberapa Evolusi Microsoft Office

  1. Microsoft Office 3.0
  2. Microsoft Office 97
  3. Microsoft Office 2000
  4. Microsoft Office XP
  5. Microsoft Office 2003
  6. Microsoft Office 2007

Semua versi Office menggunakan menu yang mengikuti standar industri software yaitu menggunakan teks yang dibagi kedalam beberapa kelompok menu dan submenu dibawahnya. Namun pada Microsoft Office 2007 tampilan berubah sama sekali menggunakan Ribbon, yaitu mengelompokkan menu-menu pada toolbar dengan menampilkan semua menu dan submenunya berupa grafis atau icon.

Mengapa Microsoft Office kurang berkualitas ??

  1. Maintainability

Dokumen yang dibuat oleh Office pada versi sebelumnya dapat dibaca pada versi yang lebih baru, namun tidak sebaliknya. Misalkan ketika saya membuat dokumen pada Office 2003 dan saya berpindah komputer yang masih menggunakan Office XP maka dokumen saya tidak akan dapat terbaca atau mungkin masih dapat terbaca namun dengan tulisan yang tidak saya mengerti maksud dan arti katanya.

Microsoft Office juga tidak mendukung format dokumen lain misalnya format Open Document ( odt, odp, odb, odm, odf ). Sungguh tidak adil karena Open Office dapat digunakan untuk membuka dokumen Microsoft Office namun Microsoft Office tidak dapat digunakan untuk membuka dokumen Open Office.

  1. Usability

Semua fungsi dan menu Office relatif mudah digunakan, kecuali pada versi terbaru yaitu Microsoft Office 2007. Pada versi ini tampilan, lokasi, dan tempat menu berubah total sehingga memerlukan waktu yang lebih banyak untuk belajar, memahami dan membiasakan pengguna dengan tampilan menu baru tersebut.

  1. Security

Semua dokumen yang dibuat oleh Microsoft Office sangat rentan dan rawan terjangkit virus. Telah banyak virus yang mengganggu dokumen yang dibuat dengan aplikasi ini. Virus tersebut merusak, mengganti kata-kata dalam dokumen, atau bahkan yang lebih parah adalah menghapus dokumen kita.

Virus tersebut memanfaatkan fasilitas makro yang memang disediakan oleh Microsoft Office. Makro adalah fasilitas untuk menambahkan script basic untuk otomatisasi dokumen. Namun ini disalahgunakan oleh banyak orang sehingga digunakan untuk merusak dokumen.

Selain virus yang berbasis makro, banyak virus lain yang tidak berbasis makro namun memusatkan serangannya pada file dokumen Office. Sehingga semakin bertambah banyaklah perusak-perusak data anda yang berkeliaran di alam bebas :p.

Item pada daftar diatas adalah yang membuat Microsoft Office menjadi kurang berkualitas yaitu Maintainability, Usability, dan Security. Terdapat alternatif lain software untuk aplikasi perkantoran yang memiliki nilai lebih dalam beberapa hal untuk menggantikan Microsoft Office, yaitu Open Office.
Berikut ini perbandingan keuntungan dan kerugian software untuk aplikasi perkantoran antara Open Office dan Microsoft Office.

Topik

Open Office

Ms. Office

Maintainability

Dapat membaca berbagai format file seperti odt, doc, odp, ppt, sxw, rtf, oth, dan masih banyak lagi.

· Tidak dapat membaca file office Open Document

· Versi yang lama tidak bisa membaca file Office dari versi yang baru

Dependability

Multi Platform

Tidak multi platform

Efficiency

Cepat

Lebih Cepat

Usability

Relatif mudah digunakan

Mudah digunakan, kecuali Office 2007

Security

Tidak banyak virus yang mengintai bahkan tidak ada.

Banyak sekali virus yang mengintai

Feature

Semua edisi aplikasi perkantoran dalam satu edisi.

Hadir dalam banyak edisi, sehingga banyak pilihan.

Kelebihan Open Office,

Biaya terjangkau
Stabil
Aman
Update yang jauh lebih cepat
Ukuran file yang lebih kecil
Cepat
Mudah digunakan ( Usability )
Multi Platform ( Dependability )
Dapat membaca file office Linux dan Windows ( Maintanability )

Kekurangan Open Office,

Update terlalu cepat
Template dokumen yang berbeda dengan Ms.Office, sehingga dokumen yang dibuat dengan ekstensi open document tak bisa dibuka dengan Ms Office.

Pertimbangan untuk memilih Open Office

Microsoft Office dan Open Office melakukan pekerjaan yang sama, mencetak surat yang sama, menghasilkan spreadsheet yang sama.

Namun perbedaannya adalah masalah biaya. Mengapa menghabiskan lebih banyak uang untuk melakukan melakukan pekerjaan yang sama?

Microsoft Office memiliki “tampilan baru” yang radikal, yang membuatnya tidak umum dibandingkan dengan apa yang kita miliki saat ini.

Hanya untuk membuat perbedaan atau memberikan kemudahan ?? ( tanda tanya besar )

Open Office membaca semua berkas Microsoft Office. Jika Anda melakukan perubahan pada Open Office, investasi Anda pada dokumen, spreadsheet, presentasi dan lain-lain akan aman.

Lisensi Open Office mengijinkan Anda untuk menginstallnya pada sebanyak komputer yang Anda inginkan dan menggunakannya untuk sembarang tujuan

Bagaimanapun, tidak ada satupun software yang sempurna dan paling baik. Tapi jika ada yang lebih efektif dan tidak merugikan siapapun (bukan bajakan), kenapa tidak ??

Stop Piracy

About these ads

23 gagasan untuk “Microsoft Office tidak BERKUALITAS !!!

  1. tapi menurutku yah

    office 2007 tuh keren banget, gw nggak bisa mungkirin ituh, gw sering pake dari word, excel dan power point-nya, sumpeh, bener2 keren revolusinya, mantabh banget, sayangnya cuman di excel nggak bisa ngesave format dbf.

  2. Sungguh tidak adil karena Open Office dapat digunakan untuk membuka dokumen Microsoft Office namun Microsoft Office tidak dapat digunakan untuk membuka dokumen Open Office.

    ini bukan masalah adil atau tidak adil, tetapi masalah strategi. siapa yang lebih populer dia akan berusaha mempertahankan popularitasnya dengan tidak memberikan dukungan terhadap format lain. di sisi lain, open office memerlukan popularitas dengan kompabilitas dengan format ms-office. siapa yang akan pakai kalau dia tidak bisa baca format ms-office?

    dalam beberapa hal, open office sudah bisa menyamai ms-office, misalnya open-office-writer. tetapi presenter-nya masih jauh-jauh dibawah ms-power-point.

    [ ms office 2007 legal user, open-office user ]

  3. saya setuju dengan stop piracy…

    karena piracy tidak menghargai hasil karya orang lain..

    but at least, saya menghargai kerja keras tim Microsoft untuk membuat software ini,, dan saya yakin itu tidaklah semudah ketika kita mengkritisinya…

    there’s hate in life I can’t inderstand

  4. Bagaimanapun, tidak ada satupun software yang sempurna dan paling baik.

    Saya tidak benci atau merasa apa gitu….
    OS pun saya pake 3 macem, Office saya pake 2 macem.
    Pokoknya macem-macemlah digabung jadi satu.

    hehehe……..

  5. Apapun kata orang mengenai OpenOffice.org dan Ms. Office. Kalau dari sisi fungsionalistasnya sama, tetapi perbedaan biayanya sangat jauh sekali, maka saya tetap dan akan selalu menggunakan OpenOffice.org.

    Terimakasih.

  6. bapak2 semuanya,saya mau tanya nih.
    saya kan dulunya pengguna microsoft office xp,
    trus kan OS saya di install ulang dan office-nya itu diganti jadi microsoft office 2003. pas saya buka document word yang saya buat pake office xp,trnyata ga bisa dibuka.
    malah terdapat peringatan saya harus nginstall component office 2003,trus sya ngikutin tuh printah yg disarankan oleh komputer saya.
    tapi setelah selesai nginstall component office 2003-nya malah jadi tulisan yg aneh,ga ada teks yg saya ngerti.
    Mohon saran dan solusinya ya bapak2.
    Tlng saran dan solusi anda di kirimkan ke email di bawah ini :
    adam_smkn2@yahoo.co.id

    Terima kasih banyak. :-)

  7. tp pengguna open officekan tidak ada jaminannya…dalam arti jika terjadi kegagalan ataupun error, mungkin penggunaan secara pribadi tidak bermasalah, tp jika skala enterprise gmn ?
    hayo maw kmn….

  8. juragan tolong donk di klasifikasiin masing-masing kelebihan dan kekurangan penggunaan microsoft office word dari yang pertama kali ada, hingga yang sekarang ms office 2007??????

    ditunggu ya….

Mau Komen

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s